Bawah Menu - Res

Zaman Sudah Berubah, Ini Peringatan Keras untuk Demokrat, AHY harus Sadar



 

Survei kependudukan 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan 54 persen penduduk Indonesia berasal dari generasi muda.

Generasi milenial didefinisikan sebagai mereka yang lahir antara tahun 1981-1996.

Sedangkan generasi Z adalah mereka yang lahir pada periode 1997-2012.

Hal itu diungkapkan pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Firman Manan, terkait pandangannya soal kepemimpinan muda dan senioritas di partai politik.

Karena, seiring dengan perubahan demografi calon pemilih yang makin muda, tentu saja parpol juga harus mengubah strategi politiknya.

Tak terkecuali dengan Partai Demokat yang kini dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Sepertinya lebih dibutuhkan kepemimpinan muda, yang mempunyai kedekatan sekaligus visi yang menginspirasi kaum muda, bukan senioritas,” ujar Firman, dilansir dari JawaPos.com (jaringan pojoksatu.id), Minggu (14/2/2021).

Alumnus Political Sciences Ohio University USA ini juga menuturkan, kader-kader Partai Demokrat tidak boleh lagi mengandalkan senioritas dan romantika sejarah sebagai pendiri untuk berkiprah.

Karena zaman telah berubah. Sebab, pada pemilu dan pilpres 2024, pemilih akan didominasi kalangan milenial.

Pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Padjadjaran (Unpad) itu menyoroti isu senioritas dan forum pendiri yang dijadikan dalih oleh sekelompok mantan kader dan kader PD untuk menggelar KLB.

KLB itu sendiri kabarnya digunakan sebagai jalan untuk mengganti AHY yang berumur 41 tahun dengan KSP Moeldoko yang berumur 64 tahun

“Saya pikir, senioritas bukanlah jawaban yang relevan untuk menyongsong pemilu 2024 dengan jumlah pemilih muda yang makin banyak,” ujarnya.

Namun, ia menilai pengambilan keputusan politik berbasis data yang dilakukan Ketum AHY dan kepengurusan sekarang, lebih relevan menjawab tantangan zaman.


sumber: pojoksatu.id

0 Response to "Zaman Sudah Berubah, Ini Peringatan Keras untuk Demokrat, AHY harus Sadar"

Post a comment

Tengah Artikel - in article