Bawah Menu - Res

Cegah Massa di Praperadilan Habib Rizieq, Polisi Amankan 3 Titik




Kepolisian melakukan pengamanan di sidang praperadilan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pengamanan dilakukan di tiga titik untuk mencegah kerumunan masa yang hadir.

"Jadi tadi pagi sudah diambil apel dan pelaksanaan ploting jadi ada tiga titik pengamanan yg pertama adalah di pertigaan Jalan Madrasah, di pertigaan Ampera, dan di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sendiri," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2021).

Pengamanan dilakukan guna mencegah massa yang datang. Kapolres Metro Jakarta Selatan memastikan akan membubarkan massa yang datang.

"Kita mengamankan jalannya sidang pengadilan praperadilan ini supaya sidang berjalan dengan tertib, tidak adanya gangguan, tidak adanya kerumunan, sehingga yang masuk mengikuti kegiatan sidang adalah memang yang berperkara. Yang tidak ikut melaksanakan sidang tidak boleh datang ke pengadilan, apalagi bawa massa, pasti kita bubarkan," ujarnya.

Selain mencegah kerumunan massa yang hadir, kepolisian bekerja sama dengan pengamanan pengadilan untuk melakukan penggeledahan guna mencegah pengunjung membawa barang berbahaya.

"Ya yang pasti untuk tamu-tamu yang masuk untuk di Pengadilan ini kita harus laksanakan penggeledahan untuk ada tidak adanya barang-barang berbahaya yang masuk, tapi kita sudah kordinasi dengan Pamdal Pengadilan, protap itu sudah berjalan," lanjutnya.

idak ada pengalihan arus lalu lintas dalam pengamanan tersebut. Penyekatan dilakukan secara terbatas jika diketahui ada massa yang akan hadir ke dalam persidangan. Polisi lalu lintas juga dikerahkan untuk mengatur jika terjadi kemacetan.

"Sementara tidak ada pengalihan arus, lalu lintas tetap berjalan seperti biasa, hanya kita lakukan di dua titik di penyekatan itu adalah penyekatan terbatas sehingga jika kita mengetahui itu adalah kelompok masa ataupun pendukung yang tidak boleh ikut dalam sidang kami putar balikkan," kata Budi Sartono.

Pantauan detikcom di area PN Jakarta Selatan, sekitar pukul 08.35 WIB, sejumlah personel dari Brimob dan Satpol PP melakukan penjagaan di sekitar Jalan Ampera Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel), tepatnya di sekitar PN Jaksel. Polisi lalu lintas (polantas) mengatur laju kendaraan di sekitar jalan.

Satu unit water canon disiagakan di sekitar Jalan Ampera Raya. Tak hanya itu, ada satu unit kendaraan taktis pengurai massa (raisa) juga yang disiagakan.

PN Jaksel menjadwalkan sidang pembacaan permohonan praperadilan yang diajukan oleh Habib Rizieq pada Senin (4/1). Habib Rizieq saat ini menjadi tersangka dan ditahan dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.


sumber: detik.com

0 Response to " Cegah Massa di Praperadilan Habib Rizieq, Polisi Amankan 3 Titik "

Post a comment

Tengah Artikel - in article