Bawah Menu - Res

Viral Fatwa Ponpes Lirboyo Soal Hindari Habib yang Lawan Pemerintah, Ini Faktanya



 

Pondok Pesantren Lirboyo Kediri kembali mengeluarkan fatwa. Sebelumnya ponpes di Kediri ini mengeluarkan fatwa tentang adzan diganti jihad, kali ini fatwa yang dikeluarkan adalah menghindari sosok habib yang tidak sesuai syariat.
Fatwa yang dikeluarkan Ponpes Lirboyo ini viral di media sosial.

Salah satunya diunggah oleh akun twitter Lembaga Dakwah PBNU @ldnu1926. Akun tersebut mengunggah sebuah foto pengasuh Ponpes Lirboyo Kh Athoillah Sholahudin Anwar. Dalam foto tersebut tertera tulisan sebagai berikut,

'Pesantren Lirboyo keluarkan fatwa untuk menghindari sosok habib yang kerap melawan pemerintah

Pertama, mengharapkan kepada santri dan alumni Pondok Pesantren Lirboyo dan masyarakat umum untuk berhati hati dalam menerima ceramah atau pun dakwah dari beberapa tokoh masyarakat yang akhir-akhir ini cenderung provokatif

Kedua, terkait dengan para tokoh masyarakat terutama para habaib, kita tetap menghormati, memuliakan beliau-beliau. Namun untuk mengikuti kepada beliau kita punya pegangan syari'at. Apabila tidak sesuai syari'at maka tidak perlu mengikuti'

Viralnya fatwa tersebut dibenarkan salah seorang anggota majelis pengasuh Ponpes Lirboyo KH Oing Abdul Muid. "Iya benar, (fatwa) itu memang dari salah satu pengasuh Ponpes Lirboyo KH Athoillah Sholahuddin Anwar," kata Kiai Muid kepada detikcom, Selasa (8/12/2020).

Kiai Muid mengatakan fatwa itu keluar karena permintaan beberapa pihak yang menanyakan terkait kejadian dan fenomena yang sedang hangat di Indonesia. Karena banyaknya pihak secara pribadi yang meminta fatwa dan pendapat, akhirnya pihak onpes Lirboyo memberikan statemen secara luas, salah satunya melalui media sosial.

"Iya benar itu dari salah satu pengasuh Ponpes Lirboyo KH Athoillah Sholahuddin Anwar, yang awalnya ada beberapa pihak meminta pendapat dan fatwa secara pribadi kepada beliau dan pondok, namun karena banyak dan masih dalam masa pandemi beliau menggunakan sosial media," jelas Gus Muid sapaan akrab KH. Oing Abdul Muid. Selasa (8/12/2020)

Gus Muid menambahkan keterangan kendati isi fatwa merupakan benar dawuh dari KH Athoillah, namun judul atau pengantar dalam akun medsos yang beredar, bukan dari KH Athoillah.

"Banyak di media sosial yang membumbui statemen KH Athoillah secara berlebihan, seperti dalam tayangan YouTube diberi narasi tambahan sendiri," tegas Gus Muid.

Karena dawuh dari pengasuh Ponpes Lirboyo KH Athoillah Sholahuddin Anwar yang sebenarnya bukan dengan judul Fatwa untuk menghindari sosok habib yang kerap melawan pemerintah.

"Namun bertuliskan judul Fatwa Pondok Pesantren Lirboyo Dalam Memilih Tokoh Panutan," pungkas Gus Muid.

sumber: detik.com

0 Response to "Viral Fatwa Ponpes Lirboyo Soal Hindari Habib yang Lawan Pemerintah, Ini Faktanya"

Post a comment

Tengah Artikel - in article