Bawah Menu - Res

Siapa Soni Eranata? Ustaz Terlibat Kekerasan dan Ceramah Kontroversial




Siapa Soni Eranata? Nama ini mendadak viral dan masuk trending topik di berbagai platform media sosial. Soni Eranata adalah nama asli Ustaz Maaher At-Thuwailibidi yang ditangkap Bareskrim Polri atas dugaan penghinaan terhadap Habib Luthfi Pekalongan pada Kamis (3/12/2020) dini hari.

Kini Soni Eranata telah ditetapkan sebagai tersangka dan didakwa dengan Pasal 45a Ayat 2 Jo Pasal 28 Ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 Tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang ITE. Dalam surat penangkapan yang beredar, tertera bahwa nama asli Ustaz Maaher adalah Soni Eranata. Lalu, siapakah dia?

Biodata Soni Eranata

Soni Eranata alias Ustaz Maaher At-Thuwailibidi memiliki akun Twitter Ust Maaher At Thuwailibi Official. Ia lahir di Medan, 14 Juli 1992. Dalam surat penangkapannya, tertera bahwa Soni Eranata bekerja sebagai wiraswasta dan tinggal di Cimanggu Water, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat.

Soni Eranata Pernah Terlibat Kasus Kekerasan

Pada bulan April hingga Juni 2020, Soni dilaporkan oleh mantan istrinya, Susi Wiwati, atas kasus tindakan kekerasan oleh istri dan anak-anaknya. Hal inilah yang membuat Soni lantas bercerai dengan sang istri. Diketahui dalam surat pernyataan tersebut, Soni mengancam dan memukul anak-anaknya hingga menyebabkan ketakutan.

Berselisih dengan Nikita Mirzani

Beberapa waktu lalu, Nikita Mirzani terlibat pertikaian di sosial media dengan Soni karena Nikita dinilai telah menghina Habib Rizieq saat kepulangannya dari Arab Saudi. Soni Eranata pun mengunggah video yang menyebut Nikita dengan kata-kata tak senonoh.

Ia bahkan mengancam akan mengepung rumah Nikita apabila Nikita tidak meminta maaf atas perkataannya yang dinilai menghina Habib Rizieq.

Pada tahun 2017, dalam sebuah ceramah, Soni menyatakan bahwa Indonesia adalah negara thagut dan pemerintah adalah musuh umat Islam. Hal ini diucapkannya terkait dengan aturan Undang-Undang Ormas yang dipakai untuk membubarkan Hizbut Tahrir Islam (HTI).

Selain itu, Soni juga diduga menyebarkan fitnah serta provokasi bahwa UU Ormas adalah alat yang akan digunakan pemerintah untuk membubarkan gerakan Islam lainnya dan menuntut agar umat Islam melawan UU Ormas tersebut.

Itulah penjelasan siapa Soni Eranata alias Ustaz Maaher At-Thuwailibidi yang kini menjadi tersangka atas kasus dugaan penghinaan terhadap Habib Luthfi.


sumber: suara.com

0 Response to "Siapa Soni Eranata? Ustaz Terlibat Kekerasan dan Ceramah Kontroversial"

Post a comment

Tengah Artikel - in article