Bawah Menu - Res

Pengakuan Anak Gus Nur ke Polisi Soal Admin Munjiat Channel Berbeda dengan Ayahnya




Kasus dugaan ujaran kebencian dengan tersangka Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur masih terus didalami. Anak Gus Nur ikut kecipratan kasus ayahnya. Dia turut diperiksa sebagai saksi di Bareskrim Polri terkait video ujaran kebencian.

Anak Gus Nur, Munjiat diperiksa polisi. Penyidik mengusut dugaan keterlibatannya dalam pengunggahan video. “Karena nama yang bersangkutan sesuai dengan channel Youtube yang digunakan pengeditan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, dikutip dari Antara, Selasa, 3 November 2020.

Seperti diketahui, wawancara bersama Refly Harun yang menimbulkan rasa kebencian terkait Nahdlatul Ulama juga diunggah melalui akun Youtube Munjiat Channel pada 16 Oktober 2020.

Anak Gus Nur klaim tidak terlibat dalam Munjiat Chanel

Sebelum ikut diperiksa polisi, anak Gus Nur itu sudah punya firasat video tersebut bakal berbuntut panjang. “Kami sebelumnya sudah mengira bahwa akan ada efek dari pembicaraan di podcast yang viral itu, ” kata Munjiat.

Munjiat mengklaim, kanal YouTube yang memuat pernyataan Gus Nur yang diduga menghina NU itu dikelola oleh ayahnya sendiri. Kuasa hukum Munjiat, Chandra Irawan memberikan pernyataan. “Jadi itu akun punya GN (Gus Nur), terus yang mengunggah GN, yang edit GN, jadi semua punya GN,” kata Chandra Irawan dikutip dari Detik.com.

Menurut pengacaranya, Gus Nur hanya memakai nama anaknya. Soal itu, Munjiat sudah memprotes si ayah agar jangan menggunakan namanya. “Anaknya sudah protes dari dulu jangan pakai nama anaknya nanti khawatir kesannya punya dia,” kata Chandra Irawan.

Awal mula Gus Nur memakai nama anak karena akun miliknya sudah ditangguhkan. “Awal mulanya kan dulu karena sering di-suspend akun dia yang GN jadi akhirnya pakailah nama anaknya. Jadi itu (Munjiat) akun punya Gus Nur yang ngelola Gus Nur, yang upload Gus Nur, jadi Gus Nur hanya pake nama anaknya. Jadi bukan punya anaknya,” tuturnya.

Sementara itu...

Hal yang berbeda justru disampaikan oleh Gus Nur sebelumnya. Dia pernah bercerita soal akun YouTube Munjiat Channel yang sudah di-monetize. Disebut, anaknya yang menjadi admin.

“Penghasilan dari YouTube Rp 30 juta, Rp 15 juta, Rp 20 juta. Tapi kan saya enggak ikut makan itu. Udah admin saja, kadang untuk sosialnya itu, enggak sempat itu saya ngurusin uang-uang itu,” kata Gus Nur beberapa waktu lalu.

Uang yang didapat dari YouTube Munjiat Channel tidak tentu. Gus Nur menyebut angka Rp11 juta hinga Rp30 juta. Dia meyakinkan, tidak mencari uang dari YouTube.

Gus Nur menyebut admin Munjiat Channel adalah anaknya sendiri yang bernama Munjiat. Gus Nur sendiri tak ingat betul kapan Munjiat Channel dibuat. “Kalau Munjiat sudah 4 atau 5 tahun ya, itu admin yang tahu. (Admin Munjiat Channel) anak saya sendiri, Munjiat namanya,” katanya.

Pada tanggal 21 Oktober 2020 Gus Nur juga telah dilaporkan oleh Ketua Pengurus Nahdlatul Ulama Cabang Cirebon Azis Hakim ke Bareskrim Polri. Laporan itu bernomor LP/B/0596/X/2020/Bareskrim. Kekinian penyidik pun telah melakukan penahanan terhadap Gus Nur. Dia ditahan usai ditetapkan sebagai tersangka.



sumber: hops.id

0 Response to "Pengakuan Anak Gus Nur ke Polisi Soal Admin Munjiat Channel Berbeda dengan Ayahnya"

Post a comment

Tengah Artikel - in article