Bawah Menu - Res

HRS Berpotensi Jadi Tersangka, Brigjen Awi Setiyono: Kita Cari Dugaan Pidananya




Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab alias HRS berpotensi menjadi tersangka. Ia diduga melanggar protokol kesehatan saat menikahkan putrinya, Syarifah Najwa Shihab pada Sabtu (14/11/2020).

HRS juga disebut-sebut melanggar UU Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. HRS dianggap melanggar karena tidak melakukan karantina saat pulang ke Indonesia.

Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 menyebutkan, setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100 juta.

Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri mengakui penyidik sedang mencari unsur pidana pelanggaran protokol kesehatan dalam pernikahan putri HRS.

“Kita cari tahu dan mendalami dugaan pidana karena adanya kerumunan massa di tengah PSBB transisi. Bila terpenuhi unsur pidana, penyidik akan melakukan gelar perkara,” kata Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Setelah melakukan gelar perkara ini, penyidik akan membuat kesimpulan apakah kasus tersebut layak naik ke penyidikan. Jika ditingkatkan ke tahap penyidikan, beraarti akan ada tersangka dalam kasus tersebut.

Penyidik Polri akan segera memanggil HRS dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk dimintai keterangan.

“Kami minta klarifikasi, kita tunggu saja prosesnya. Jadi ini tim dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya yang menangani kasus tersebut,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono di Jakarta, Senin (16/11).

Tidak hanya Habib Rizieq sebagai tuan rumah, penyidik juga memanggil RT, RW, satpam atau linmas, lurah dan camat setempat serta wali kota Jakarta Pusat.
 
Selain itu, pihak KUA yang menikahkan anak Habib Rizieq juga akan dimintai klarifikasi termasuk Satgas Covid-19, Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI dan beberapa tamu yang hadir serta Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Rencana akan kami lakukan klarifikasi dengan dugaan pelanggaran UU Kekarantinaan Kesehatan,” tegas Argo.


sumber: pojoksatu.id

0 Response to "HRS Berpotensi Jadi Tersangka, Brigjen Awi Setiyono: Kita Cari Dugaan Pidananya"

Post a comment

Tengah Artikel - in article