Bawah Menu - Res

Isu Rakyat Timur Leste Ingin Kembali ke Indonesia, FH: Inilah akibat Nasionalisme Sempit




Kondisi Timor Leste yang menjadi negara miskin di dunia, menebar isu bahwa rakyat Timor ingin kembali kepangkuan Indonesia.
 
Terkait hal tersebut, politisi asal Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan, Timur Leste tak memiliki sumberdaya alam yang memadai, tanahnya pun kering.

Lepasnya Timor Leste dari Ibu Pertiwi, diakui Ferdinand sebagai akibat dari minimnya nasionalisme, tanpa melihat realita kesulitan akhir. Meski demikian dirinya mendukung Timor Leste kembali ke Indonesia.

"Timor Leste ini sebuah wilayah tak punya sumber daya alam memadai, tanah tak begitu subur bahkan kering. Inilah akibat dari nasionalisme sempit yg tak melihat realita akhirnya kesulitan," kata Ferdinand dalam akun Twitternya @Ferdinand Haean3.

"Secara pribadi sy mendukung Timor Leste kembali ke Indonesia," lanjutnya.

Timor Leste merupakan negara yang tak bisa lepas dari sejarah Indonesia.

Negara yang pernah menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu melepaskan diri dari NKRI usai terjadi pemberontakan oleh kalangan elite di sana.

Sebenarnya, Timor Leste yang dulunya bernama Timor Timur lah yang ingin bergabung dengan NKRI pada tahun 1976.

Namun, seiring berjalannya waktu, Timor Leste menilah Indonesia sebagai negara penjajah.

Melalui refrendum yang dimotori Australia dan Portugal, tepat tanggal 30 Agustus 1999 Timor Leste resmi berpisah dari Indonesia.

Kini 21 tahun sudah Timor Leste berdiri sendiri sebagai negara merdeka. Namun bukannya makmur, Timor Leste malah terpuruk menjadi negara termiskin di dunia.

Meski telah menjadi provinsi ke-27 kala itu, gejolak yang terjadi selama 25 tahun di kawasan tersebut membuat mereka ingin menjadi negara merdeka.

Refrendum pun dilaksanakan dengan dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengakhiri konflik berdarah di sana.
Meski telah mejadi negara merdeka dan terlepas dari Indonesia, Timor Leste baru mendapatkan pengakuan dunia 3 tahun kemudian.

Atau tepatnya pada tahun 2002, selepas referendum diadakan di wilayah yang dulunya bernama Timor Timur tersebut.

Ternyata meski telah menjadi sebuah negara sendiri selama 21 tahun, fakta menarik terungkap akhir-akhir ini.

Banyak isu mengenai warga negara Timor Leste memilih untuk bergabung dengan Indonesia kembali bila diberi kesempatan kedua.


sumber: netralnews.com

0 Response to "Isu Rakyat Timur Leste Ingin Kembali ke Indonesia, FH: Inilah akibat Nasionalisme Sempit"

Post a comment

Tengah Artikel - in article