Bawah Menu - Res

Bersaksi di Sidang, Polisi Ungkap Detik-detik Penangkapan Vanessa Angel




Polisi mengungkap detik-detik penangkapan public figure, Vanessa Angel, usai kedapatan memiliki 20 butir pil Xanax. Keterangan itu dibeberkan oleh 2 anggota Polres Jakarta Barat, Sunardi dan Budi Nugroho, dalam persidangan kasus narkoba yang menjerat Vanessa Angel.

Penangkapan itu terjadi di kediaman Vanessa Angel di Kembangan, Jakarta Barat, pada 16 Maret 2020. Mulanya, polisi menerima informasi adanya seorang public figure yang menggunakan pil Xanax.

"Pada saat itu pas ke lokasi, rumah beliau (Vanessa), belum ada (Venessa dan keluarganya). Mereka ada acara. Pas kita lihat mobilnya datang, mereka masuk ke dalam (rumah), baru kita (polisi) ketemu suaminya, Bu Vanessa keluar mempertanyakan (maksud kedatangan polisi). Lalu Vanessa mempersilakan masuk ke dalam rumah, saya dan Budi (anggota Polres Jakbar)," ujar Sunardi di PN Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (7/9/2020).

Saat itu, ada 6 polisi yang berada di kediaman Vanessa, termasuk Sunardi dan Budi. Namun, hanya Sunardi dan Budi yang masuk ke rumah Vanessa, sedangkan 4 polisi lainnya berada di halaman rumah.

Sunardi dan Budi menuju kamar Vanessa yang berada di lantai 2. Penggeledahan itu disaksikan oleh Vanessa Angel, orang tua Vanessa Angel, suami Vanessa Angel, dan sekuriti perumahan.

Ketika digeledah, ditemukan 15 butir pil Xanax di dalam laci kamar. "Ditemukan di laci, (pil) Xanax," turut Sunardi.

Vanessa pun mengakui kepemilikan pil Xanax itu. Vanessa turut memperlihatkan bukti resep obat dari sebuah rumah sakit di Cinere, Depok.

"Ada izin dokter Rumah Sakit Cinere dan bukti pembayaran," kata Sunardi.

Sementara itu, 4 polisi lainnya menggeledah mobil Vanessa di halaman rumah. Hasilnya, 5 butir pil Xanax ditemukan di dalam tas yang berada di mobil Vanessa. Tas tersebut milik Vanessa.

"Yang ngasih 5 butir (pil Xanax) rekan Vanessa Angel," kata Sunardi.

"Saudara Abdul (Malik) di Surabaya," kata Sunardi.

Diketahui, Abdul Malik merupakan pengacara Vanessa Angel saat menghadapi kasus prostitusi online di Polda Jawa Timur pada 2018.

Polisi pun membawa Vanessa Angel; suami Vanessa, Febri Adriansyah alias Bibi; dan teman Vanessa, Chintya, ke Polres Jakarta Barat. Polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti berupa 20 butir pil Xanax, bukti pembayaran, resep dokter, dan ponsel Vanessa.

Berdasarkan surat hasil pemeriksaan laboratorium dari pusat laboratorium Badan Reserse Kriminal Polri, sejumlah bungkus pil Xanax milik Vanessa tersebut mengandung alprazolam dan terdaftar dalam golongan IV nomor urut 02 lampiran Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang perubahan penggolongan psikotropika dalam lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika.

Vanessa Angel didakwa terkait kepemilikan 20 pil Xanax oleh jaksa penuntut umum Kejari Jakarta Barat. Vanessa Angel diancam hukuman maksimal 5 tahun penjara.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika, jo Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang perubahan penggolongan psikotropika dalam lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang psikotropika," kata jaksa penuntut umum Kejari Jakbar, dalam berkas dakwaan yang telah dibacakan di PN Jakbar, Senin (31/8/2020).

Sementara itu, berdasarkan Pasal 62 UU Nomor 5/1997 tentang psikotropika, perbuatan terdakwa diancam pidana maksimal 5 tahun penjara. Berikut ini bunyi pasalnya:

Pasal 62
Barangsiapa secara tanpa hak, memiliki, menyimpan dan/atau membawa psikotropika dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).


sumber: detik.com

0 Response to "Bersaksi di Sidang, Polisi Ungkap Detik-detik Penangkapan Vanessa Angel"

Post a comment

Tengah Artikel - in article