Bawah Menu - Res

Gurita Terdalam Dunia Ditemukan di Palung Jawa



Gurita ini habitatnya tidak main-main. Ia dijepret di kedalaman hampir 7.000 meter di Palung Jawa, menjadikannya gurita yang ditemukan hidup di lautan paling dalam.

Gurita tersebut berjenis Dumbo. Namanya berasal dari bentuk siripnya yang seperti telinga di atas mata, agak mirip dengan karakter gajah Dumbo besutan Disney.

Dr Alan Jamieson adalah peneliti yang menemukannya dengan memakai instrumen khusus yang ditaruh di dasar lautan. Ada dua gurita berhasil dijepret, satu di kedalaman 5.760 meter dan satu lagi di kedalaman 6.957 meter di Palung Jawa. Palung Jawa adalah jurang laut yang memanjang di Samudera Hindia, dari lepas laut timur Sumatera, sampai lepas laut selatan Jawa.

Selama ini, gurita maupun telurnya memang sudah ditemukan di laut dalam, tapi belum ada yang menyentuh rekor ini. Sebelumnya, habitat gurita terdalam dijumpai di kedalaman 5.145 meter.

Itupun waktu penemuannya sudah lama, yaitu pada 50 tahun silam. Maka penemuan kali ini dianggap signifikan dengan kesimpulan bahwa gurita bisa hidup dan beradaptasi di sedikitnya 99% dasar lautan dunia.

"Mereka harus melakukan sesuatu yang pintar di dalam selnya. Jika Anda membayangkan sel seperti balon, maka akan kolaps di tekanan seperti itu. Maka, dibutuhkan biokimia pintar untuk memastikannya mempertahankan bentuknya," kata Alan.

"Seluruh adaptasi yang diperlukan untuk hidup dalam tekanan (dasar laut) berada di level sel," tambahnya,seperti dikutip detikINET dari BBC.

Jamieson merupakan ilmuwan utama dalam program Five Deeps Expedition yang didanai oleh Victor Vescovo. Tujuannya menjelajahi area terdalam di lima samudera besar Bumi.


sumber: detik.com

0 Response to "Gurita Terdalam Dunia Ditemukan di Palung Jawa"

Post a comment

Tengah Artikel - in article