Bawah Menu - Res

Cuitan Jerinx SID soal Serangan Jantung Ditangapi Dokter Spesialis: "Ngawur!"



Aktivitas drummer band Superman is Dead (SID), Jerinx, di media sosial belakangan ini ramai dibicarakan warganet. Kali ini, tweet-nya telah direspon dengan geram oleh @berlianidris karena diduga telah membuat pernyataan yang keliru. Respon tweet Jerinx SID tersebut kini viral dan telah disukai ribuan orang di Twitter.

Berdasarkan profilnya, Berlian Idris adalah seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Kemarin (5/5), ia dibuat kesal oleh Jerinx yang mencuitkan bahwa stres adalah penyebab utama penyakit jantung.

Idris pun meresponnya, "Ngawur! Stres bukan faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Data registri terbesar mengenai serangan jantung (National Registry of Myocardial Infarction) pada >540,000 pasien melaporkan 5 faktor risiko utama: hipertensi, merokok, kolesterol, diabetes, & riwayat keluarga."

Penjelasan sang dokter itu berdasarkan publikasi ilmiah dari Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi AS, yang menyatakan bahwa sebanyak 85% orang yang mengalami serangan jantung untuk pertama kali, setidaknya memiliki 1 dari 5 faktor risiko utama. Dari kelima faktor risiko itu, tidak mencantumkan stres sebagai penyebab utama serangan jantung.

Meski bukan penyebab yang utama, institusi yang sama menyatakan bahwa stres ternyata juga bisa menyebabkan serangan jantung dalam jangka panjang.

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatnya pacu detak jantung, dan menyebabkan makan berlebihan, merokok, dan minum lebih banyak alkohol. Semua hal tersebut merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung. Stres mendadak juga bisa memicu peristiwa seperti serangan jantung, yang disebut takotsubo cardiomyopathy atau "sindrom patah hati", karena memiliki gejala yang serupa yaitu sesak napas dan nyeri dada.

Seiring berjalannya waktu, keadaan stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada jantung manusia. Oleh karena itu, rajin berolahraga, meditasi, dan sering menyalurkan hobi kalian bisa membuat stres berkurang atau lebih terkendali, yang hasilnya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Kesimpulannya, stres memang bisa berkontribusi, namun bukan sebagai faktor risiko utama.

Kini, @official_jrx telah ditangguhkan oleh Twitter, warganet termasuk dokter Berlian menduga bahwa hal itu disebabkan banyaknya orang yang membuat pengaduan terhadap akun tersebut.


sumber: todayline


0 Response to "Cuitan Jerinx SID soal Serangan Jantung Ditangapi Dokter Spesialis: "Ngawur!""

Post a comment

Tengah Artikel - in article