Bawah Menu - Res

Banyak Tokoh Nasional dan Ormas yang Bakal Gabung Partai Baru Bentukan Loyalis Amien Rais




Loyalis Amien Rais, yakni Agung Mozin mengungkapkan banyak tokoh nasional yang akan gabung dengan partai politik baru bentukan Amien Rais.

Agung juga menyebut ada beberapa organisasi masyarakat (ormas) yang akan masuk dalam barisan partai baru itu.

Namun, dirinya enggan untuk menyebutkan tokoh nasional dan ormas tersebut.

"Banyak tokoh nasional yang akan gabung bahkan ada beberapa ormas juga akan masuk. Cuma kami belum mau menyebutkan nama mereka," kata Agung saat dihubungi Tribunnews, Jumat (8/5/2020).

Agung juga memastikan putra sulung Amien Rais yakni Hanafi Rais bakal segera bergabung dengan para loyalis ayahnya.

"Hanafi Rais akan gabung dengan partai baru yang sudah lama kita persiapkan," katanya.

Terkait nama partai, Agung mengungkapkan ada beberapa nama yang diusulkan.

Satu di antara beberapa nama yang diusulkan adalah Partai Amanat Reformasi.

"Ada beberapa nama diusulkan, salah satu Partai Amanat Reformasi," ungkapnya.

Amien Rais Perlu Lirik Akar Rumput Muhammadiyah

Pengamat politik dari Al-Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menilai PAN Reformasi dapat bersaing dengan partai-partai lain jika Amien Rais dapat menarik suara di basis Muhammadiyah.

"Jika Amien Rais bisa mengambil massa grass root dari Muhammdiyah, maka tentu akan menggerus suara PAN," ujar Ujang kepada Tribun, Jakarta, Kamis (7/4/2020).

"Jadi rumusnya ambil basis massa PAN, yaitu basis massa Muhammadiyah, maka partai besutan Amien Rais atau PAN Reformasi akan bisa bersaing dengan partai-partai lain," sambung Ujang.

Pembentukan partai baru besutan Amien Rais atau disebut PAN Reformasi hanya tinggal menunggu waktu saja diwujudkan, setelah adanya konflik internal kubu Amien Rais dan Zulkufli Hasan.

"PAN Reformasi atau apapun namanya, hanya soal waktu akan didirikan oleh kubu Amien Rais. Sedikit atau banyak, besar atau kecil akan berdampak pada elektabilitas PAN di 2024," tuturnya.

Ujang pun menilai, pembentukan partai baru bisa dengan mudah diwujudkan karena loyalis dari Amien Rais di partai berlambang mahatari putih, masih sangat banyak.

"Loyalis Amien Rais di PAN masih banyak dan Amien Rais juga masih dihormati oleh warga Muhammadiyah," ucap Ujang.

Mundurnya, Hanafi Rais dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan sebagai anggota DPR dinilai menjadi penyemangat loyalis Amien Rais membentuk PAN Reformasi.

Politikus senior PAN Putra Jaya Husin mengatakan, mundurnya Hanafi mempengaruhi kader-kader yang kecewa dengan PAN saat ini untuk mempercepat pembentukan partai baru atau PAN reformasi.

"Jadi jangan dibalik, bukan Hanafi itu bersikap karena ingin membuat partai baru. Sikap Hanafi inilah yang mendorong keras kami berpikir untuk mendirikan partai baru," ujar Putra saat dihubungi, Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Putra melihat, PAN saat ini sudah jauh berbeda dari sebelumnya, di mana tujuan didirikan partai ini oleh Amien Rais dan lainnya untuk memperjuangkan kepentintan rakyat dan bangsa, bukan kepentingan sekelompok orang.

"Kalau partai sudah tidak bisa lagi untuk tempat kita memperjuangkan kepentingan rakyat, ya kita membutuhkan kendaraan baru," ujar Putra.


sumber: tribunnews.com

0 Response to "Banyak Tokoh Nasional dan Ormas yang Bakal Gabung Partai Baru Bentukan Loyalis Amien Rais"

Post a comment

Tengah Artikel - in article