Bawah Menu - Res

Kim Jong Un Diyakini Masih Hidup, tapi Kondisinya...



Belum ada kabar mengenai kondisi pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un hingga saat ini. Spekulasi megenai kondisi pria yang diyakini berusia 36 tahun itu pun semakin melebar, meskipun tak lagi mengasumsikan dia meninggal.

Mantan diplomat Korut yang kini menjadi politkus di Korea Selatan (Korsel) Thae Yong Ho tak yakin Kim Jong Un meninggal. Namun dia berspekulasi Kim sakit atau mengalami luka yang menyebabkan tak bisa berdiri atau berjalan.

Inilah yang menjadi sebab Kim tak hadir saat peringatan hari ulang tahun pendiri negeri yang juga kakeknya Kim Il Sung pada 15 April lalu atau biasa disebut Hari Matahari.

“Kim Jong Un bukan hanya pemimpin Korea Utara, tapi dia cucu Kim Il Sung, di mata Korea Utara itu benar-benar tidak normal. Saya tidak yakin apakah dia benar-benar menjalani operasi atau yang lain, tapi satu hal yang jelas dia tidak bisa berdiri atau berjalan dengan baik,” ujarnya, kepada CNN.

Thae menambahkan sulit untuk mengecek klaim mengenai kondisi terakhir Kim mengingat tingkat kerahasiaan yang luar biasa diterapkan di sekeliling sang pemimpin.

“Satu-satunya orang yang dapat mengonfirmasi kondisi sebenarnya mungkin hanya istri atau saudara perempuan Kim Jong Un, atau asisten dekat,” tuturnya.

Dia tak yakin dengan rumor yang beredar apalagi sampai dilaporkan meninggal. Kim bukan kali ini saja menghilang dari publik, meskipun baru pertama tak terlihat dalam peringatan Hari Matahari.

“Rumor di mana dia sekarang, apakah menjalani operasi, saya kira itu tidak didasarkan pada fakta,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, merujuk pada kasus meninggalnya ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, pengumuman kematian disampaikan 51 jam kemudian, sedangkan saat ini sudah lebih atau 2 pekan sejak Hari Matahari.

Kabar Kim menjalani operasi jantung pertama kali disampaikan Daily NK, media online berbasis di Korsel yang sebagian pengelolanya merupakan pembelot

Operasi berlangsung pada 12 April dan setelah itu menjalani pemulihan di sebuah resor. Daily NK memang tak menyebut Kim meninggal.


sumber: inews.com

0 Response to "Kim Jong Un Diyakini Masih Hidup, tapi Kondisinya..."

Post a comment

Tengah Artikel - in article