Bawah Menu - Res

Kata China Soal Isu Corona Bocor dari Laboratorium Wuhan



Virus corona bermula dari Wuhan dan di sana, kebetulan ada laboratorium untuk meneliti beragam virus mematikan. Maka cukup banyak spekulasi virus itu dibuat atau bocor dari laboratorium tersebut. Bagaimana tanggapan pemerintah China soal teori yang makin kencang beredar ini?
Apalagi presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan pihaknya tengah menginvestigasi apakah ada bukti COVID-19 berkaitan dengan laboratorium bernama Wuhan Institute of Virology tersebut.

Pihak China pun coba menepis semua spekulasi. Menurut mereka, tidak ada bukti yang mendukung COVID-19 dibuat di laboratorium Wuhan ataupun kemungkinan kedua, bocor dari sana.

"China percaya bahwa asal dari virus tersebut adalah masalah ilmiah yang harus ditangani dengan serius," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian.

"WHO mengatakan tidak ada bukti yang membuktikan bahwa itu (COVID-19) dibuat di lab. Dan banyak pakar medis terkemuka juga mengatakan jika klaim virus tersebut bocor dari lab tidak punya dasar ilmiah," tambahnya.

"China akan terus bekerja dengan negara-negara lain dan mendukung satu sama lain untuk mengendalikan pandemi," pungkasnya, dikutip detikINET dari South China Morning Post.

Pihak China mungkin merasa perlu memberi penjelasan di saat AS getol menyelidiki dari mana asal COVID-19. Dalam wawancara dengan Fox News, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, menyatakan 'kami tahu virus ini berasal dari Wuhan, China' dan Institut Virologi hanya berjarak beberapa mil dari pasar 'basah' yang jadi lokasi penyebaran virus Corona..

"Kami benar-benar membutuhkan pemerintah China untuk membuka diri," ucapnya, sembari meminta China menjelaskan tepatnya bagaimana virus ini menyebar. "Pemerintah China perlu berterus terang,"

Di pihak lain, intelijen AS mengindikasikan COVID-19 kemungkinan berasal dari alam, tidak dibuat di laboratorium di China seperti disebut dalam berbagai teori konspirasi. Tapi tetap saja, intelijen belum bisa memastikannya.

Informasi itu disampaikan baru-baru ini oleh Jenderal Mark Milley dari militer AS yang menjabat Chairman of the Joint Chiefs of Staff. Ia membenarkan bahwa intelijen Negeri Paman Sam menyelidiki secara intensif dari mana virus corona bermula.

"Ada banyak rumor dan spekulasi di media, blog, dan lainnya. Seharusnya tidak mengagetkan Anda bahwa kami tertarik pada hal itu dan kami punya banyak intelijen mengamatinya dengan seksama," kata dia.

"Pada saat ini, memang belum konklusif meskipun bukti cenderung mengindikasikan (virus itu) natural. Tapi kami belum tahu secara pasti," imbuh dia.


sumber: detik.com

0 Response to "Kata China Soal Isu Corona Bocor dari Laboratorium Wuhan"

Post a comment

Tengah Artikel - in article