Bawah Menu - Res

Akui Bansos Nyasar ke Anggota DPRD hingga PNS, Begini Kata Anies



Gubernur DKI Anies Baswedan mengakui adanya PNS dan golongan elite di Ibu Kota yang masuk daftar penerima Bansos selama PSBB Corona. Anies menyebut soal pendataan jutaan penduduk di DKI tak mungkin sempurna.

"Benar kita memberikan 1,2 juta, dan itu ada 1,2 juta nama. Tentu saja tidak mungkin sempurna. Dari 1,2 juta Anda bisa sebut dua nama, pasti lah. Di negeri ini data yang super akurat saya rasa teman-teman juga tahu, jadi kalau dicari pasti ada. Bagian kita koreksi terus menerus, dari 1,2 juta ketemu satu, dua, tiga (nama), pasti. Jadi nggak usah ditutupi, itu faktanya. Di republik ini kita semua tahu data lengkap by name, by address, tapi yang penting adalah begitu ada kekeliruan, koreksi. Dan ini bagian meningkatkan kualitas data," kata Anies, di Balai Kota, Jakarta (22/4/2020). Anies menjawab pertanyaan wartawan mengenai kekeliruan bansos yang menyasar ke PNS, TNI, hingga anggota DPRD.

Anies menyebut banyak warga DKI yang masuk catatan sebagai keluarga miskin pada saat kondisi normal. Namun menurut dia, di tengah pandemi ini ada warga pra-sejahtera yang juga butuh bantuan.

"Hari ini banyak dari saudara kita yang bulan lalu tak butuh bantuan sekarang butuh bantuan, pada saat datang ke lapangan maka yang mengatakan butuh jauh lebih banyak daripada yang ada dalam daftar. Karena banyak sekarang tak punya pekerjaan, banyak yang warungnya tutup," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Anies, Pemprov DKI terus melakukan pendataan terhadap warga pra-sejahtera yang juga membutuhkan bantuan. Dia meminta pihak RW untuk melakukan pendataan warga yang membutuhkan bansos, termasuk mencoret data warga yang belum membutuhkan.

"Di sini bagian kita memastikan mereka yang pra-sejahtera baru masuk data yang diupdate. Sehingga pada distribusi berikutnya mereka bisa dapat bantuan juga. Jadi kita sangat terbuka. Bahkan di seluruh wilayah para Lurah membagikan juga pada ketua RW semacam formulir untuk ditambahkan apabila ada warga yang namanya belum masuk, sekaligus juga mencoret ketemu nama yang seharusnya tak menerima," jelas Anies.


sumber: detik.com

1 Response to "Akui Bansos Nyasar ke Anggota DPRD hingga PNS, Begini Kata Anies"

Tengah Artikel - in article